Skip to main content

Cara Menstabilkan Video di Filmora PC

Sudah capek capek rekaman video, setelah dilihat dikomputer videonya malah tidak stabil. Siapa yang pernah mengalami masalah seperti ini?

Melihat hasil rekaman video yang goyang dan tidak stabil tentu mengecewakan, bukan?. Selain tidak enak dipandang, rekaman video yang tidak stabil biasanya akan mengurangi kualitas video itu sendiri.

Masalah ini umum ditemui didunia videografi karena sebenarnya untuk menghindari video goyang/tidak stabil kita disarankan menggunakan perangkat stabilizer yang dipasang pada kamera, namun sayangnya saat ini harga perangkat tersebut masih cukup mahal sehingga tidak semua orang bisa membelinya.

Untuk mengatasi keterbatasan ini kita bisa menggunakan cara alternatif menstabilkan video dikomputer yaitu dengan memanfaatkan fitur stabilizer yang ada didalam program video editing. Saat ini hampir semua program video editing telah dilengkapi dengan fitur stabilizer, termasuk di Filmora PC. Fungsinya tentu saja untuk menstabilkan video yang goyang.

Fitur stabilzer di Filmora mampu mengatasi grafik video yang goyang secara sempurna sehingga output video yang dihasilkan terlihat lebih halus dan stabil. Fitur ini sudah tersedia secara otomatis begitu program selesai di install.

Cara menstabilkan video di Filmora PC

  • Pertama, silakan jalankan program Filmora dikomputer/laptop anda. Jika belum ada, silakan download dan install terlebih dahulu. Program Filmora full version bisa anda download melalui pencarian Google search
  • Setelah itu import footage/video anda kedalam Filmora lalu masukan kedalam video track.

  • Langkah selanjutnya klik panel Edit untuk menampilkan jendela pengeditan. Cara alternatifnya dengan klik kanan pada video lalu pilih Stabilization, jika menggunakan cara alternatif ini proses stabilisasi akan berjalan otomatis.

  • Apabila jendela pengeditan sudah terbuka silakan ceklis/centang menu Stabilization kemudian tunggu sampai proses analyze selesai. Jika proses analyze selesai anda bisa mengatur nilai smooth levelnya. Semakin tinggi nilainya maka video akan semakin halus dan stabil.

  • Langkah terakhir simpan video tersebut dengan resolusi tinggi agar nantinya video tidak pecah saat digunakan kembali.

Dalam tutorial ini saya menggunakan Filmora versi 9.3 yang mana versi ini merupakan versi terbaru dengan fitur yang lebih lengkap, Salah satunya sudah terdapat fitur Render Preview yang pada versi sebelumnya (9.2) fitur ini dihilangkan. Nah demikian Cara Menstabilkan Video di Filmora PC. Semoga artikel ini bermanfaat.