Skip to main content

Cara Membuat Slow Motion di Filmora

Slowmotion adalah tehnik yang digunakan untuk menghasilkan efek gerak lambat pada video dengan cara menurunkan kecepatan video tersebut. Efek ini biasanya juga disebut dengan istilah slowdown.

Penggunaan efek slowmotion akan membuat video semakin epic dan profesional. Hal ini yang menjadikan slowmotion sering digunakan hampir disemua genre video seperti action, komedi, drama, horor, fantasi dan cinematic.

Pada tutorial kali ini kita akan belajar cara membuat efek slowmotion dengan menggunakan software editing Filmora 9.3 PC. Silakan sesuaikan saja jika anda menggunakan versi yang berbeda.

Saya memilih Filmora karena selain ringan, software ini juga memiliki fitur yang cukup lengkap dan mudah digunakan untuk level pemula.

Cara Membuat Efek Video Slow Motion di Filmora 9 PC

  • Langkah pertama silakan jalankan terlebih dahulu program Filmora di desktop anda. Setelah itu import video kedalam Media lalu drag dan masukan kedalam Video Track. Atau bisa dengan klik kanan lalu Insert.
  • Kemudian klik kanan pada video lalu pilih menu Speed and Duration. Lakukan Langkah ini apabila anda ingin membuat slow motion diseluruh frame video.
  • Langkah selanjutnya pada menu Speed geser ke kiri untuk melambatkan video dan geser ke kanan untuk mempercepat video. Semakin kecil nilainya semakin lambat videonya(Tergantung settingan fps video).
  • Apabila anda sudah menemukan settingan yang pas, silakan klik Ok dan selesai. Anda sudah berhasil membuat video slowmotion di Filmora. Langkah terakhir silakan simpan/render video tersebut

Setiap kamera mempunyai settingan max fps yang berbeda dan settingan fps yang disarankan untuk slowmotion adalah 60fps, 120fps dan 240fps. Setting fps dilakukan sebelum proses recording yang berfungsi untuk menghasilkan video slowmotion yang halus, stabil dan tidak patah patah. Anda dapat menggunakan Google search untuk mengetahui nilai max fps yang ada didalam suatu brand kamera.