Skip to main content

Cara Memperhalus Line di Sketchup

Saat membuat model 3d maka otomatis akan terbentuk garis hitam ditepi objek. Garis tersebut merupakan pembatas antara area satu dengan area lainnya yang memudahkan pengguna dalam melakukan pull up/pull down.

Selain itu, garis hitam tersebut juga berfungsi untuk memisahkan material sehingga material tidak menyatu dengan area yang lain. Namun masalahnya apabila terlalu banyak garis hitam malah akan membuat modeling kita terkesan asal asalan dan tidak rapi.

Saat ini Sketchup pro telah dilengkapi dengan fitur yang memungkinkan kita untuk memperhalus line secara otomatis dan manual. Fitur ini dapat memperhalus garis hitam yang terlihat kasar dan membuatnya terlihat lebih smooth.

Cara Memperhalus Garis (Line) di Sketchup

  1. Langkah pertama jalankan program Sketchup pro di perangkat desktop anda. Disini saya menggunakan Sketchup pro 2020.
  2. Setelah itu klik salah satu garis/line yang ingin anda perhalus kemudian klik kanan lalu pilih menu Soften.

Langkah diatas merupakan cara memperhalus garis kasar secara manual. Melalui cara ini anda dapat memperharus garis secara satu persatu. Cara manual ini lebih baik digunakan oleh orang dengan ketelitian dan kesabaran yang tinggi.

Nah jika anda tipe orang yang ingin serba cepet dan tidak mau ribet. Anda bisa gunakan cara berikut ini untuk memperhalus line kasar secara otomatis.

  • Caranya sama saja seperti langkah diatas. Hanya saja disini kita blok semua area objek yang ingin kita perhalus. Contohnya seperti gambar dibawah ini.
    ">
  • Setelah itu klik kanan lalu pilih menu Soften/Smooth Edges maka akan muncul tab pengaturan baru. Pada tahap ini kita dapat mengatur seberapa halus garis yang dihasilkan dengan cara menggeser parameter dan mencentang menu Soften coplanar.

Selesai, kini anda telah berhasil memperhalus garis kasar di Sketchup. Silakan save projek anda dan siap dipersentasikan didepan klien anda. Demikian tutorial singkat cara memperhalus garis di Sketchup. Jangan lupa share yah, semoga bermanfaat.