Skip to main content

Cara Setting IES Light di Vray 4.2 Sketchup

Halo, selamat datang di Sketchuppost. Silakan duduk, rileks dan fokus. Tutorial Sketchup kali ini kita akan belajar cara mensetting IES light di Sketchup 2020

Didalam Vray tersedia cukup banyak pilihan tool yang dapat kita gunakan untuk membuat pencahayaan/ligthing dan salah satu tool yang sering dipakai adalah IES Light. IES sendiri merupakan VRay tool yang digunakan untuk membuat lampu sorot/downlight.

Agar IES dapat berfungsi, kita membutuhkan file asset yang disebut .ies file. IES file nantinya akan kita input kedalam settingan dan akan menampilkan sorot lampu berdasarkan sourcenya. Untuk mendapatkan file ini, kita bisa mencarinya melalui Google.

Pada tutorial cara menggunakan IES light Vray Sketchup kali ini saya menggunakan Sketchup pro 2020 dan Vray Next (4.2). Silakan sesuaikan saja jika anda menggunakan versi yang berbeda.

Cara mensetting IES Light tool di Vray 4.2 Sketchup

  • Pertama, silakan jalankan program Sketchup di perangkat desktop anda. Pastikan Sketchup yang anda gunakan sudah terinstal vray minimum versi 3.4 atau lebih.
  • Setelah itu klik IES light tool lalu upload filenya.
  • Selanjutnya letakan dimana saja yang anda suka. Untuk memperkecil lampunya silakan tekan S pada keyboard.
  • Lalu kemudian kita setting IES light tersebut dengan cara masuk ke Vray Asset editor setelah itu atur beberapa parameter seperti gambar dibawah ini.
  • Terakhir tinggal kita render untuk melihat hasilnya.

Parameter IES tidak jauh berbeda dengan parameter lampu lainnya. Hanya saja didalam IES terdapat parameter tambahan seperti IES Light File dan Shape type. IES Light File digunakan untuk mengupload file ies yang sebelumnya sudah anda download dan Shape digunakan untuk mengatur style cahaya. Jika anda merubahnya ke From IES File, maka style cahaya yang dihasilkan mengikuti file ies yang anda upload.

Demikian tutorial cara mensetting IES light di Vray Sketchup 2020. Semoga penjelasan diatas mudah dipahami dan bermanfaat. Terimakasih.