Skip to main content

Cara Setting Rumput di Vray 4.2 Sketchup

Halo, selamat datang di Sketchuppost. Tutorial sketchup kali ini kita akan belajar cara mensetting material rumput agar terlihat nyata ketika dirender menggunakan Vray.

Untuk membuat material rumput, kita akan menggunakan Vray tool yang disebut Fur. Fur sendiri merupakan sebuah geometry yang akan menghasilkan efek bulu ketika objek dirender dan saat ini FUR hanya ada di Vray versi 3.4 ke atas.

Dengan adanya Fur, kita tidak perlu lagi menggunakan plugin sehingga proses konfigurasi akan dilakukan dengan lebih cepat.

Cara Setting Material Rumput Nyata di Vray 4.2 Sketchup

Berikut cara mensetting material rumput di Vray Sketchup agar terlihat nyata. Dalam tutorial ini saya menggunakan Sketchup pro 2020 dan Vray 4.2. Silakan sesuaikan saja apabila anda menggunakan versi program yang berbeda.

  • Langkah pertama silakan jalankan terlebih dahulu program Sketchup di desktop anda. Pastikan sketchup yang anda gunakan sudah terinstall Vray.
  • Setelah itu buatlah 3D model yang nantinya akan anda gunakan sebagai media rumput lalu jadikan group. Contohnya seperti gambar dibawah ini.
  • Langkah selanjutnya masuk ke Asset Editor, kemudian klik Create Asset lalu pilih Geometries - Fur.
  • Pada tahap ini anda dapat mensetting VrayFur tersebut agar hasilnya tampak nyata. - Count (Area): 6.8 - Length: 3.05 - Thickness: 0.12 - Taper: 0.9 - Gravity: -3 - Bend: 0.7 - Global Scale: 1 -Knots: 5
  • Setelah itu klik kanan pilih Apply to Selection.
  • Langkah terakhir render dan hasilnya seperti gambar dibawah ini.

lho kok gambarnya putih? Yah, itu kerena kita belum menggunakan material texture didalam Vray Fur. Untuk menambahkan texture caranya dengan masuk ke pangaturan Fur setelah itu scroll kebawah lalu aktifkan menu Material.

Demikian tutorial cara mensetting material rumput dengan FUR agar texture terlihat nyata ketika dirender di Vray Sketchup. Semoga bermanfaat dan jangan lupa tinggalkan komentar dibawah ini yah.