Skip to main content

Cara Menggunakan Rectangle Light di Vray 4.2 Sketchup

Di Vray terdapat cukup banyak light tool yang bisa kita manfaatkan untuk mempercantik gambar rendering kita seperti omni light, spotlight, sphere light, IES light, Domelight, Emissive light dan Rectangle light.

Menurut saya sendiri rectangle light merupakan lighting tool vray yang sangat powerfull dan fleksibel. Dengan menggunakan light tool ini, kita dapat menentukan seberapa besar area yang akan terkena cahaya.

Pada tutorial kali ini, saya menggunakan Sketchup pro 2020 plus Vray 4.2 (Vray Next). Silakan sesuaikan saja jika anda menggunakan versi Vray yang berbeda misal 3.4 atau 3.6.

Cara Menggunakan Rectangle Light di Vray 4.2 Sketchup 2020

  • Langkah pertama, silakan buka dan jalankan program Sketchup di perangkat desktop anda. Pastikan juga Sketchup yang anda gunakan sudah terinstall Vray for Sketchup minimal versi 3.4.
  • Langkah kedua klik Rectangle light tool-nya setelah itu arahkan/letakan tepat didepan objek. Jangan sampai salah arah nanti cahayanya bisa terbalik. Kira kira posisinya seperti gambar dibawah ini.
  • Selanjutnya kita setting rectangle light tersebut dengan cara masuk ke Vray aseet editor, kemudian klik menu yang gambarnya lampu lalu pilih Rectangle light dan secara default intesitas yang tersetting adalah 30. Kira kira gambarnya seperti dibawah ini.
  • Lalu pada tahap ini kita setting intesitas, warna cahaya dan beberapa parameter yang mungkin saja kita butuhkan. Settingan yang saya gunakan kira kira seperti gambar dibawah ini.
  • Langkah terakhir render gambar anda untuk melihat hasilnya secara keseluruhan. Seperti biasa apabila cahayanya kurang terang, silakan naikan nilai intesitasnya.

Demikian tutorial singkat cara menggunakan rectangle light di Vray 4 Sketchup 2020. Semoga tutorial ini dapat membantu untuk anda yang sedang belajar Vray Next for Sketchup ini.