Skip to main content

Cara Mengatasi Filmora Ngelag Saat Editing

Semua juga setuju, video editing merupakan proses yang paling banyak menguras sumber daya. Tak jarang hal ini akan menyebabkan komputer menjadi nge-lag hingga mengalami not responding.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan komputer nge-lag saat editing. Salah satunya adalah spesifikasi. Biasanya komputer yang digunakan khusus untuk editing memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dari komputer biasa. Harganya pun tentu sedikit lebih mahal.

Namun jangan khawatir untuk anda yang mengalami keterbatasan spek, karena saat ini software video editing sudah dilengkapi dengan fitur yang dapat mengatasi ngelag dan membuat proses editing menjadi lebih ringan. Fitur inilah yang juga sudah tersedia di Filmora PC.

Fitur ini biasa disebut Proxy. Cara kerjanya dengan mengkompresi sementara resolusi video yang diedit dengan tidak merubah kualitas outputnya. Jadi meskipun saat editing video terlihat pecah, tapi hasil rendernya akan tetap bening.

Cara Mengatasi Filmora Ngelag Saat Proses Editing

  • Silakan jalankan program Filmora diperangkat komputer/laptop anda.
  • Setelah itu klik File pilih Preferences kemudian buka tab Performance lalu ceklis semua fitur pada menu Proxy.
  • Anda dapat mengatur proxy aktif saat video yang diedit memiliki resolusi paling tinggi misal 3840 X 2160 dan otomatis proxy akan dihapus saat program ditutup.
  • Terakhir klik Ok lalu restart programnya.

Demikian tutorial singkat cara mengatasi filmora nge-lag atau not responding saat proses editing. jika anda mengalami kendala silakan hubungi saya melalui kontak blog. Semoga tutorial ini bermanfaat dan jangan lupa share yah.