Skip to main content

Tutorial Menggunakan Vismat/Vrmat di Vray Sketchup

Vismat merupakan material dari settingan orang lain yang disimpan kedalam format khusus, yaitu .vismat atau .vrmat. File vismat seperti halnya preset dalam photoshop, yang apabila digunakan akan membentuk settingan secara otomatis.

File vismat sifatnya tidak permanen, artinya pengguna dapat memodifikasi file tersebut dengan merubah value pada parameter tertentu agar sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Saat ini ada banyak sekali resource vismat/vrmat yang dapat kita kunjungi untuk medownload file tersebut, salah satunya adalah vismats.com. Laman ini memiliki koleksi vismat yang cukup lengkap dan dapat kita unduh secara gratis. Kita hanya dilarang menjual atau mendistribusikannya kembali.

Back to topic, setelah kita mendownload file vismat tersebut, langkah selanjutnya kita akan menggunakannya didalam settingan Vray Sketchup. Lalu bagaimana caranya? Silakan ikuti tutorial menggunakan vismat/vrmat vray berikut ini.

Tutorial Menggunakan Vismat/Vrmat di Vray 4 for Sketchup

  • Pertama, silakan jalankan program Sketchup Vray pada perangkat komputer anda.
  • Kemudian masuk ke Vray Asset Editor.
  • Setelah itu pada tab Material, klik menu Import Asset File lalu input file vrmat yang tadi sebelumnya sudah anda download.
  • Langkah selanjutnya menerapkan material vrmat atau vismat tersebut kedalam objek dengan cara klik kanan > Apply to Selection.
  • Terakhir silakan render dan lihat hasilnya.

Mudah dan praktis. Itulah beberapa alasan mengapa banyak orang sering menggunakan vismat/vrmat didalam pengaturan vray mereka. File vismat sendiri support untuk semua versi Vray, namun khusus di Vray 4 ini, anda harus mengganti formatnya terlebih dahulu agar file tersebut dapat diinput kedalam Vray.

Contohnya file vismat yang anda download dari laman vismats.com akan memiliki format metal_26.vismat, silakan rename menjadi metal_26.vrmat.

Demikian tutorial singkat Cara Menggunakan Vismat/Vrmat di Vray 4 Sketchup, tutorial ini juga dapat digunakan untuk Vismat di Vray 3.4 dan Vray 3.6. Semoga panduan ini bermanfaat dan sampai jumpa dipostingan saya selanjutnya. Bye!