Skip to main content

Cara Mengatasi Sketchup Lemot

Pada dasarnya Sketchup adalah software yang ringan. Hanya saja terkadang pengguna sendiri yang membuatnya menjadi berat dan lemot. Misalnya dengan terlalu banyak menginstall plugin. Opini saya mungkin tidak berlebihan, karena jika kita melihat persyaratan sistem, Sketchup tidak membutuhkan spesifikasi hardware yang tinggi.

Meskipun demikian pengembang menyarankan untuk selalu menginstall Sketchup diperangkat yang sedikit lebih tinggi agar pengguna terhindar dari masalah Sketchup lemot bahkan saat modeling dan rendering sekalipun.

Selain penyebab yang telah saya sampaikan diatas, sebenarnya masih banyak penyebab lain yang dapat membuat Sketchup menjadi lemot. Contohnya lupa membersihkan material yang tidak digunakan, Geomerty yang tersembunyi dan settingan style workspace saat modeling.

Nah pada postingan kali ini, saya ingin memberikan beberapa tips cara mengatasi Sketchup lemot. Cara ini akan mempercepat kinerja Sketchup sehingga akan membuat produktivitas waktu anda meningkat. Berikut tips sederhana cara mengatasi Sketchup lemot.

Hapus Material Yang Tidak Digunakan

Tips pertama mengatasi sketchup lemot adalah dengan menghapus material yang tidak digunakan. Disini saya menyebutnya dengan istilah 'material sampah'. Apa itu? Yaitu material yang tidak digunakan pada objek namun masih tersimpan oleh sistem.

Material yang menumpuk apabila dibiarkan akan membuat program menjadi berat dan lemot. Untuk mengatasi masalah ini silakan hapus semua material tersebut dengan menggunakan fitur Purge. Fitur ini akan secara otomatis menghapus material yang tidak terpakai.

Apabila Sketchup yang anda gunakan sudah terinstall Vray. Maka cara menghapus material dapat melalui Vray tersebut dengan cara masuk ke Vray Asset Editor kemudian klik Purge Unused Asset (logo sapu)

Unhidden Semua Geometry

Pastikan tidak ada satu pun geometri yang tersembunyi didalam model kita. Secara tidak langsung Geometry yang tersembunyi dapat menyebabkan sketchup menjadi lemot dan tanpa kita sadari hal ini sering digunakan pada komponen yang didownload dari internet. Nah untuk menampilkan geometri pada sebuah komponen caranya klik View > Hidden Geometry.

Hapus Plugin Yang Tidak Terpakai

Sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik, hal ini juga berlaku pada perangkat lunak. Memasang terlalu banyak plugin hanya akan membuat program menjadi berat karena biasanya plugin yang dipasang akan menampilkan pop-up pemberitahuan setiap kali program dijalankan.

Apabila Sketchup anda lemot, silakan hapus plugin yang sekiranya tidak dibutuhkan agar program bekerja lebih optimal. Kalau perlu, anda bisa menggunakan software pembersih untuk membersihkan file registry yang mungkin saja masih tertinggal didalam direktori instalasi.

Settingan Workspace dan Shadow

Saat membuat modeling yang rumit sebaiknya jangan mengaktifkan mode bayangan atau shadow karena hal ini dapat membuat kinerja program menjadi lambat. Masalah ini biasanya terjadi pada perangkat yang masih menggunakan spesfikasi standar.

Jika anda terpaksa ingin mengaktifkan fitur shadow lebih baik ganti mode style-nya terlebih dahulu menggunakan default style jenis hidden line dan X-ray. Untuk merubah style bisa dilakukan dengan cara klik ikon ember lalu buka tab style, sementara jika tab style tidak ada anda bisa menampilkanya melalui Windows > Default Tray > lalu centang fitur Styles.

Aktifkan Hardware Acceleration

Fitur ini dapat membantu sistem bekerja lebih optimal dengan cara mengambil sumber daya dari VGA atau kartu grafis. OpenGL akan secara otomatis mendeteksi VGA yang terpasang pada komputer/laptop. Namun opsi ini hanya tersedia jika menggunakan memory grafis tambahan yang dipasang kedalam perangkat.

Penutup

Baik, jadi itulah cara sederhana mengatasi Sketchup yang lemot. Semoga dengan cara ini Sketchup anda menjadi ringan dan tidak lemot lagi. Jangan sampai hal ini menjadi masalah yang dapat mengganggu produktifitas kerja anda. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa dipostingan saya selanjutnya. Bye!