Skip to main content

Cara Membuat Material Bump di Photoshop

Didalam Vray terdapat sebuah parameter yang apabila digunakan dapat menghasilkan gambar render yang lebih hidup. Parameter yang saya maksud disini adalah bump. Cara kerja bump cukup sederhana yaitu dengan memasukan file bump kedalam pengaturan.

Apa itu file bump? File bump adalah material normal yang diedit dengan menghilangkan warna utama material tersebut. Maksudnya material diedit menjadi hitam putih (Black and white). Contohnya seperti gambar dibawah ini.

File bump biasanya sudah tersedia didalam paket unduhan, dengan catatan material yang anda download bersumber dari situs yang memang khusus menyediakan file tersebut misalnya Poliigon, Texturehaven dan Sketchuptexture.

Namun terkadang terdapat juga material teksture yang tidak memiliki source file bump, Jika seperti ini maka tentu saja kita harus membuatnya sendiri. Nah untuk membuat material bump, kita dapat menggunakan program pengolah gambar seperti Photoshop.

Cara Membuat Material Bump di Photoshop

Sebelumnya, silakan siapkan terlebih dahulu material yang akan anda edit menjadi bump. Jika sudah, proses akan kita mulai.

  • Langkah pertama jalankan terlebih dahulu program Photoshop di pc/laptop anda.
  • Selanjutnya masukan material texture yang sebelumnya sudah kita siapkan ke Photoshop, setelah itu tekan CTRL + U (Hue/Saturation), kemudian kita atur parameternya seperti ini. Saturation: -100 dan Lightness: -30.
  • Langkah ketiga tekan CTRL + L (Levels) lalu atur Input Levelnya agar teksture terlihat lebih padat. Kira kira seperti gambar dibawah ini.
  • Langkah terakhir simpan file tersebut dengan perintah Save As dan ekstensi JPEG, lalu tambahkan tulisan bump diakhir nama. Nah agar file tersebut tidak hilang atau tercampur, silakan simpan difolder yang sama dimana anda menyimpan material.

Setelah anda berhasil membuat file bump, maka langkah selanjutnya anda dapat menggunakan file tersebut. Namun ada satu hal yang harus anda perhatikan ketika menggunakan parameter Bump yaitu jangan memakai nilai bump yang terlalu tinggi karena hal itu akan membuat proses render menjadi lama. Selain itu gambar yang dihasilkan pun akan terlihat pecah dan kasar.

Demikian tutorial cara membuat material file bump di Photoshop. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa ditutorial saya selanjutnya.