Skip to main content

Cara Membuka File SKB (Sketchup Backup)

Pernah menemukan file skb didalam folder? itu adalah file backup Sketchup yang otomatis disimpan oleh sistem. File ini memilki fungsi yang sama seperti file skp dan tidak ada perbedaan material, ukuran maupun komponen.

Konfigurasi file skb dapat kita akses pada settingan Autosave yang terdapat pada Preferences. Pada settingan ini kita juga dapat mengatur pembaharuan software dan pengecekan otomatis saat masalah ditemukan pada komponen/model.

Nah sekarang pertanyaanya adalah apa yang terjadi jika kita tidak sengaja menghapus salah satu file tersebut? Tidak masalah. Menghapus salah satu file (.skp atau .skb) tidak akan mempengaruhi file yang lain.

Untuk membuka file skb tidak perlu menggunakan program atau plugin khusus. Cukup buka seperti biasa. Caranya sebagai berikut:

Cara Membuka File SKB (Sketchup Backup)

  • Silakan buka/jalankan program Sketchupnya terlebih dahulu
  • Setelah itu buka file skb dengan cara klik File lalu pilih Open
  • Kemudian ganti type resultnya menjadi All Files (*,*)
  • Jika sudah, langkah selanjutnya silakan pilih file skb lalu klik Open
  • Selesai, kita telah berhasil membuka file skb di Sketchup

Selain menggunakan cara diatas, kita bisa menggunakan cara yang lain yaitu dengan merubah (rename) ekstensi file itu sendiri secara manual. Misalnya dari box.skb menjadi box.skp

Jika ada pertanyaan seputar materi Vray Sketchup, silakan sampaikan melalu lama Contact dibawah ini. Pertanyaan yang anda sampaikan selanjutnya akan kita bahas bersama di Sketchuppost.com.

Demikian postingan cara membuka file sketchup backup (skb). Semoga bermanfaat dan sampai jumpa dipostingan saya selanjutnya