Skip to main content

Cara Membuat Video Mundur di Filmora

Kata Replay biasanya dipakai untuk memutar ulang video yang selesai diputar. Namun didunia video editing, editor sering menyebutnya dengan istilah reverse effect atau yang biasa kita kenal dengan efek video berjalan mundur.

Reverse akan menghasilkan efek video mundur layaknya seperti didalam pertunjukan sulap. Misalnya mengembalikan gelas yang pecah, gambar yang transparan, benda yang dapat terbang, tongkat yang berdiri sendiri dan lain sebagainya.

Saat ini ada banyak pilihan program editing video yang bisa anda gunakan untuk membuat video replay/video berjalan mundur. Dan salah satu program yang akan kita gunakan kali ini adalah Filmora 9 Pc.

Cara Membuat Video Mundur di Filmora

  • Langkah pertama siapkan footage video yang nantinya akan anda edit, setelah itu buka program Filmora lalu import ke Media kemudian masukan file tersebut kedalam Video Track.
  • Langkah selanjutnya tentukan bagian mana yang ingin anda beri efek reverse/video berjalan mundur. Setelah itu Split frame tersebut dengan cara klik ikon gunting.
  • Kemudian klik kanan pada bagian yang dipotong tadi, lalu pilih Speed and Duration. Shortcut-nya dengan tekan Ctrl+R.
  • Pada tahap ini kita tinggal centang menu Reverse Speed dan otomatis video akan memiliki efek berjalan mundur.
  • Langkah terakhir simpan atau merendernya menjadi file video.

Selesai dan efek video berjalan mundur sudah berhasil anda buat. Pada tutorial kali ini saya menggunakan Filmora versi 9 pc, silakan sesuaikan saja jika anda menggunakan versi program yang berbeda.