Skip to main content

Cara Mengatur Ukuran Video di Filmora

Untuk mendapatkan hasil editing yang baik, seorang video editor perlu mengatur ukuran video sebelum proses edit dilakukan. Hal ini agar tampilan video tidak terpotong saat diunggah ke platform online seperti Instagram, Youtube atau Facebook.

Pada program video editing seperti Filmora, aspek rasio untuk ukuran video sudah disediakan sesuai dimana video tersebut akan diunggah, sehingga pengguna tidak perlu lagi mengaturnya secara manual.

Misalnya jika video slow motion akan diunggah ke feed Instagram, maka aspek rasio yang bisa kita gunakan adalah 1:1 Square dengan resoulsi 1080 X 1080. Ukuran ini sesuai saran dari Instagram. Untuk informasi selengkapnya silakan lihat gambar dibawah ini.

Memang secara default, ukuran yang digunakan filmora selalu pada posisi Widescreen 16:9 1920 X 1080, namun juga terkadang ukuran filmora mengikuti footage video yang diedit.

Jika anda ingin mengatur ukuran video di filmora secara manual, silakan ikuti tutorialnya dibawah ini. Pada tutorial ini saya menggunakan filmora 9.3. Silakan sesuaikan saja jika anda menggunakan versi program yang berbeda.

Cara Mengatur Ukuran Video di Filmora

  • Langkah pertama, silakan jalankan Filmora dilaptop atau komputer anda. Setelah itu masukan video footage anda.
  • Kemudian klik menu File, lalu pilih Project Settings
  • Langkah selanjutnya silakan setting ukuran video sesuai dimana video akan anda upload. Anda bisa menggunakan mode Custome untuk mengatur ukuran yang lebih luas.
  • Terakhir klik Ok.

Selesai, sekarang anda bisa mulai mengedit video favorit anda dan merendernya menjadi file video yang kemudian dapat anda bagikan keteman atau komunitas.

Demikian tutorial cara mengatur ukuran video di Filmora. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa dipostingan saya selanjutnya.