Skip to main content

Cara Mematikan Program dengan CMD

Not responding terjadi saat program tidak merespon perintah yang diinput oleh pengguna. Dalam keadaan ini program tidak bisa digunakan untuk pekerjaan apapun dan terkadang akan berakhir dengan tampilan Bugsplat.

Saat masalah ini terjadi, sebagian user biasanya lebih memilih mematikan program tersebut meski kemungkinan file tidak tersimpan. Cara ini dinilai lebih baik daripada harus menunggu sampai program normal kembali.

Untuk mematikan program yang error, pengguna Windows bisa menggunakan fitur Task Manager. Fitur internal ini akan meng-taskkill program secara paksa tanpa perlu banyak waktu.

Jika bisa dengan Task Manager, kenapa mesti menggunakan CMD?

Meski memiliki fungsi yang sama, tingkat kemampuan kedua cara ini berbeda-beda. CMD dinilai lebih powerfull dan menjadi pilihan opsional, ketika fitur Task Manager tidak mampu mengatasi program error yang bandel.

Selain untuk mematikan program yang error, CMD juga bisa kita gunakan untuk hal lain misalnya mengecek kapasitas baterai laptop, menyembuyikan file hingga menjadikan laptop sebagai wifi tambahan.

Lalu bagaimana cara mematikan program dengan CMD?. Silakan ikuti tutorialnya dibawah ini.

Cara Mematikan Program dengan CMD Taskkill

  • Langkah pertama buka program Command Prompt dengan cara klik Start -> All Programs -> Accessories -> Command Prompt (cmd).
  • Kemudian ketik perintah tasklist lalu enter. Perintah ini untuk melihat daftar program yang sedang running.
  • Selanjutnya cari dan catat nama program yang ingin anda close, setelah itu eksekusi dengan cara ketik taskkill /im nama program lalu tekan enter. Contoh: taskkill /im photoshop.exe
  • Bisa juga ditambahkan parameter /f untuk nge-end program yang bandel atau nggak mau diclose dengan taskkill atau tskill biasa contoh: taskkill /im photoshop.exe /f.
  • Selesai. Dengan cara ini seharusnya program yang error sudah berhasil anda close.

Untuk mencegah file yang tidak tersimpan saat program tiba-tiba error, sebaiknya mengaktifkan fitur Autosave karena file yang tidak tersimpan tidak bisa direcovery atau dikembalikan seperti semula.

Demikian tutorial cara mematikan program dengan CMD. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa dipostingan saya selanjutnya.

Selamat mencoba!