Skip to main content

Cara Setting Mesh Light Vray SketchUp

Vray Mesh light mungkin terdengar asing disebagian pengguna. Letaknya yang tersembunyi membuat lighting tool ini jarang digunakan. Saya menyebutnya tersembunyi karena mesh light tidak memiliki toolbar yang muncul diatas layar kerja.

Jika dilihat secara visual, lampu mesh light akan terlihat seperti lampu emissive, namun yang berbeda adalah visulisasi cahaya yang dihasilkan akan terlihat lebih baik. Lighting tool ini biasanya digunakan untuk lampu plafon (drop ceiling), lampu bohlam, neon dan sejenisnya.

Lampu mesh light hanya akan menyala jika bagian objek sudah di Group dan akan menghasilkan cahaya secara menyeluruh. Cahaya yang dihasilkan kemudian akan menyebar disekitaran objek sampai batas value yang ditentukan.

Cara Setting Mesh Light Vray SketchUp

Dalam tutorial ini, saya menggunakan Vray 4.3 dan Sketchup 2020. Silakan sesuaikan saja jika anda menggunakan versi program yang berbeda. Catatan: Mesh light hanya tersedia dibeberapa Vray saja seperti Vray 3.4, Vray 3.6 dan Vray 4.0 ke atas.

  • Langkah pertama, jalankan program Sketchup Vray dikomputer atau laptop anda, lalu tentukan objek mana yang nantinya akan anda gunakan sebagai lampu mesh light.
  • Nah disini saya menggunakan model lampu bohlam LED, contohnya seperti gambar dibawah ini.
  • Langkah selanjutnya buka Asset Editor (logo Vray), kemudian klik Create Asset setelah itu arahkan mouse ke menu Lights lalu pilih Mesh Light.
  • Pada tahap ini kita akan mensetting mesh light dengan cara klik tab Lights lalu pilih Mesh light kemudian silakan setting pada menu konfigurasi sebelah kanan.
  • Setelah selesai mensetting material mesh light, langkah selanjutnya kita akan menerapakan material tersebut kebagian objek yang telah ditentukan. Caranya klik 2 kali hingga seluruh bagian objek terseleksi dengan kotak biru. Lihat gambarnya dibawah ini.
  • Kemudian kembali kelangkah sebelumnya yaitu klik tab Lights setelah itu pilih Mesh light lalu klik kanan Apply to selection.
  • Maka tampilan model lampu akan menjadi seperti ini.
  • Jika sudah seperti gambar diatas, maka tinggal kita render dan hasilnya seperti gambar dibawah ini.

Saat anda bingung menentukan jenis lighting apa yang cocok dengan desain ruangan anda, Mesh Light mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat. Jenis lighting tool ini simpel dan tidak membutuhkan file tambahan untuk membuatnya bisa menyala, misalnya seperti pada IES dan Domelight.

Demikian tutorial cara setting mesh light Vray Sketchup. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa dipostingan saya selanjutnya.

Selamat mencoba!