Skip to main content

Cara Menyimpan Component SketchUp

Cara Menyimpan Component SketchUp - Ketika tidak bisa membuat component dalam sebuah projek, biasanya kita akan mencari component tersebut melalui internet. Cara ini dinilai lebih praktis ketimbang kita membuatnya sendiri.

Meskipun begitu tetap saja pada akhirnya kita harus melakukan sedikit modifikasi agar component yang didownload sesuai dengan kebutuhan projek yang dikerjakan.

Saat ini mudah sekali mencari tempat atau situs yang menyediakan 3D model untuk SketchUp, salah satunya adalah 3DWarehouse. Situs ini bisa dibilang sebagai gudangnya 3D model yang menyimpan segala macam bentuk component.

Untuk bisa mendownload component dari sini, kita harus mendaftarnya terlebih dahulu. Setelah itu tinggal kita cari dan download component yang kita butuhkan, lalu import kedalam projek kita. Terakhir simpan component tersebut untuk digunakan pada projek selanjutnya.

Agar lebih mudah ditemukan, simpanlah file component ini didalam folder installasi. Folder ini akan secara otomatis menampilkan component di default tray SketchUp. Bagaimana caranya? Silakan ikuti tutorialnya dibawah ini.

Cara Menyimpan Component SketchUp

  • Langkah pertama silakan copy semua file component yang anda download, kemudian masuk ke direktori (C:) pada komputer/laptop anda.
  • Setelah itu klik folder Program Files, lalu pilih SketchUp. Jika anda menginstall 2 versi yang berbeda, maka folder instalasi dari 2 Sketchup tersebut akan muncul disini.
  • Selanjutnya klik folder Components, lalu letakan semua file component anda disini, namun sebelumnya silakan buat folder baru untuk memisahkan setiap component yang ada.
  • Terakhir restart agar file dapat terbaca oleh sistem.

Jika setelah direstart 3d component malah error dan tidak terbaca oleh sistem, maka kemungkinan besar file component Sketchup yang anda download memiliki versi yang lebih tinggi dari program Sketchup yang anda gunakan.

Lalu apa solusinya?

Silakan download kembali dengan memilih versi yang lebih kecil atau menurunkan versinya menggunakan program Sketchup file version Converter.

Demikian tutorial Cara Menyimpan Component SketchUp. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa dipostingan saya selanjutnya.

Selamat mencoba!

Newest Post