Skip to main content

Cara Mengganti Shortcut Sketchup

Cara Mengganti Shortcut Sketchup - Shortcut merupakan perintah program yang dipanggil dengan menekan tombol keyboard secara bersamaan. Biasanya perpaduan antara ctrl, alt atau shift yang dikombinasikan dengan angka ataupun huruf.

Setiap program memiliki perintah shortcut yang berbeda, tergantung fungsi program itu sendiri. Misalnya pada Microsoft Word yang memakai kombinasi Ctrl + E untuk membuat teks menjadi rata tengah.

Lalu apakah kombinasi tombol shortcut bisa diganti?. Jawabanya bisa, namun biasanya pada program tertentu saja misalnya Sketchup, Autocad, 3D Max dan Photoshop.

Didalam program Sketchup itu sendiri, fitur shortcut sudah disediakan secara simpel dan otomatis. Shortcut Sketchup berupa huruf pada keybord yang apabila ditekan akan menampilkan menu/tool yang dimaksud.

Shortcut Sketchup ini bisa diganti dan dicustomize sesuai kenyamanan pengguna. Nah jika anda ingin mengganti shortcut Sketchup, silakan ikuti tutorialnya dibawah ini.

Cara Mengganti Shortcut Sketchup

  • Langkah pertama buka terlebih dahulu Sketchup dilaptop atau komputer anda
  • Setelah itu klik Windows lalu pilih Preferences.
  • Langkah selanjutnya klik menu Shortcuts, lalu cari tombol shortcut yang ingin diganti melalui kolom Filter
  • Kemudian klik area menu Assigned, lalu klik tombol min (-) untuk menghapus shortcut lama.
  • Pada tahap ini anda bisa menambahkan shortcut baru dengan cara klik kolom Add Shortcut, setelah itu isi dengan shortcut baru pilihan anda. Sebagai contoh disini saya menggantinya dengan huruf G lalu klik tombol plus (+)
  • Terakhir klik ok untuk menyimpan settingannya.

Selesai. Yaps anda telah berhasil mengganti shortcut Sketchup. Langkah selanjutnya anda dapat mencoba shortcut baru itu. Jika perintah keyboard tidak berfungsi silakan restart terlebih dahulu.

Demikian tutorial singkat kali ini, semoga bermanfaat dan sampai jumpa dipostingan saya selanjutnya.

Selamat mencoba!