Skip to main content

Cara Menggunakan Omni Light Vray Sketchup

Setting Omni Light - Vray memiliki banyak lighting tool yang dapat digunakan untuk membuat cahaya atau lampu. Dari sekian banyak lighting tool yang dimiliki Vray, ada salah satu yang menurut saya cukup powerfull dipakai sebagai penerangan utama pada rendering, yaitu omni light.

Omni light menghasilkan cahaya yang dapat menjangkau keseluruh area. Secara visual lampu ini mungkin mirip seperti IES, namun cahaya yang ditampilkan lebih luas dan tidak membutuhkan file khusus.

Omni light Vray juga bisa dikombinasikan dengan lighting tool lainnya seperti rectangle light. Dengan demikian variasi cahaya akan terbentuk sesuai dengan apa yang di inginkan.

Berikut tutorial setting Omni light Vray Sketchup. Dalam tutorial ini saya menggunakan Vray 4 Sketchup. Silakan sesuaikan saja jika anda menggunakan versi program yang berbeda.

Cara Menggunakan Omni Light Vray 4 Sketchup

  • Untuk mensetting omni light Sketchup langkah pertama buka progamnya terlebih dahulu. Pastikan Sketchup yang anda gunakan sudah terinstall Vray
  • Selanjutnya klik Omni light tool, lalu letakan dimana saja anda suka
  • Kemudian buka pengaturan Vray dengan cara klik Vray Asset Editor, setelah itu pilih tab Lights
  • Pada tab Lights, pilih atau klik lampu omni light lalu setting seperti gambar dibawah ini. Setting pada bagian Intesity: 7000 dan Decay: Inverse
  • Nah selesai, terakhir tinggal kita render. Maka hasilnya seperti gambar dibawah ini.

Jika cahaya yang ditampilkan kurang terang, kita bisa mensetting ulang dengan menaikan nilai intensitas pada kolom Intensity. Begitu juga jika ingin mengganti warna lampunya.

Gimana, mudah kan?. Begitulah tutorial menggunakan omni light di Vray Sketchup. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa dipostingan saya selanjutnya.

Selamat mencoba!