Skip to main content

Cara Menggunakan Vray Spotlight di SketchUp

Diantara banyaknya pengaturan lampu yang dimiliki Vray, Spotlight adalah salah satu lighting tool yang simpel untuk membuat pencahayaan yang akurat secara fisik.

Sesuai namanya, Spotlight atau lampu sorot akan menghasilkan cahaya yang terfokus pada objek. Pada settingan yang lebih advance, kita dapat mengatur beberapa parameter untuk mendapatkan efek yang lebih halus.

Vray spotlight juga tidak membutuhkan file khusus. Lampu akan otomatis menyala saat gambar dirender, namun tentunya style cahaya yang dihasilkan tidak sebanyak pada IES light.

Berikut adalah tutorial cara setting Vray spotlight di Sketchup. Dalam panduan ini saya menggunakan Vray 4, silakan sesuaikan saja jika anda menggunakan versi program yang berbeda.

Cara Menggunakan Vray Spotlight di Sketchup

  • Pertama silakan anda buka program Sketchup dikomputer atau laptop. Setelah itu klik Spotlight tool lalu letakan dimana saja anda suka.
  • Selanjutnya kita setting dengan cara klik Asset Editor, kemudian klik tab Light lalu pilih list Spotlight
  • Pada tahap ini kita dapat mensetting beberapa parameter Vray spotlight seperti Intesity, Cone Angle dan Penumbra Angle.
  • Untuk melihat hasilnya silakan klik render. (Hasil settingan ini dapat anda lihat pada gambar thumbnail diatas)

Kendala bisa terjadi kapan saja, dalam hal ini Spotlight tidak menyala saat gambar dirender. Maka solusinya adalah pastikan Spotlight ditempatkan pada posisi yang benar, maksudnya tidak ada bagian lampu yang masuk kedalam permukaan objek.

Demikian tutorial cara setting spotlight Vray Sketchup. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa dipostingan saya selanjutnya.

Newest Post