Skip to main content

Cara Menyimpan Settingan Material Vray Sketchup

Ternyata kita bisa menyimpan settingan material Vray Sketchup. Material yang tersimpan lalu dapat dipakai kembali pada projek lain. Hal ini tentunya akan membuat proses setting - menyeting menjadi lebih cepat, karena semua parameter sudah tersedia secara otomatis.

Material Vray yang disimpan akan memiliki format baru, bukan jpg, png ataupun bump, melainkan Vrmat. Vrmat sendiri semacam file preset yang hanya digunakan pada Vray. Format ini dulu bernama Vismat, yang support untuk Vray 2.0 for Sketchup

Dengan menggunakan Vrmat, membuat efek apapun menjadi lebih mudah dan cepat. Kita hanya perlu memasukan (import) file vrmat kedalam Vray. Vrmat bersifat dinamis, artinya kita bisa merubah atau memodifikasi parameter sesuai kebutuhan.

Agar menjadi lebih mudah, kita dapat menggunakan cara ini untuk menyimpan settingan pada material Vray Sketchup.

Cara Menyimpan Settingan Material Vray Sketchup

  • Langkah pertama jalankan Sketchup Vray dilaptop atau komputer anda, kemudian buka projek, setelah itu masuk kepengaturan Vray, lalu pilih material yang ingin anda simpan.
  • Pada contoh kali ini saya akan menyimpan settingan material pada HPL Nakas.
  • Langkah selanjutnya klik kanan pada meterial tersebut lali pilih Save As.
  • Terakhir simpan material tersebut. Pastikan kolom save as type sudah tertulis V-Ray Materials Files (*.vrmat)

Langkah ini tidak menyimpan material secara keseluruhan, hanya menyimpan material yang dipilih. Begitu juga dengan pengaturan lainnya seperti lighting, element, dan geometri.

Nah demikian tutorial cara menyimpan settingan material vray, semoga bermanfaat dan sampai jumpa dipostingan saya selanjutnya.